Friday, March 17, 2017

Obscura Camera

Sejarah kamera Obscura

        awalnya seorang seorang ilmuwan islam kelahiran basra-irak bernama Ibnu Al-haitham atau sering disebut Al-hazen dalam bukunya menyebut, Book of Optics, pemakaian lubang jarum dan lensa dalam di dinding ruangan gelap untuk memproyeksikan apa yang ada di luar ke dalam ruangan dengan gambar terbalik.Obscura sendiri dalam bahasa latin berarti "ruangan gelap", disebut demikian karena pada awalnya Obscura memang sebuah ruang gelap yg memiliki sebuah lubang dgn lensa cembung, lewat lubang tersebut cahaya masuk dan memproyeksikan objek yg berada diluar kedalam sebauh media secara terbalik, dan dikenal dgn prinsip cara kerja kamera pertama kali . (di University of North carolina at Chapel Hill 965-1039M)

Joseph Kepler (1571 – 1630 M). Kepler meningkatkan fungsi kamera itu dengan menggunakan lensa negatif di belakang lensa positif, sehingga dapat memperbesar proyeksi gambar (prinsip digunakan dalam dunia lensa foto jarak jauh modern).
            Pada tahun 1660, seorang ilmuwan Inggris, Robert Boyle dibantu oleh Robert Hooke (1627-1691M) berhasil menciptakan kamera obscura jinjing lebih kecil dari kamera Obscura ciptaan Al-Haytham yang berukuran besar.pelat2 foto pertama kali digunakan secara permanen untuk menangkap gambar yg dihasilkan dari kamera Obscura, dan foto permanen pertama kali diambil oleh Joseph Nicephore Niepce di Prancis tahun 1827

        Pada tahun 1685, Johann Zahn menyempurnakan kamera obscura menjadi lebih kecil dan mudah dibawa. Selain itu juga memanfaatkan cermin dan lensa untuk menfokuskan gambar.

        Joseph Nicephore Niepce pada tahun 1814 mencoba mencetak pada sebuah lempengan pewter (logam lunak campuran) dengan bitumen (semacam aspal). Saat terkena cahaya bitumen akan mengeras. Bagian yang tidak mengeras kemudian dilarutkan. Bagian inilah yang menjadi cikal bakal foto

No comments:

Post a Comment